Jumat, 01 Maret 2013

Sekedar Tips


Tips mencegah dampak negatif facebook

Facebook adalah jaringan sosial pertemanan paling populer di Indonesia! dari orang tua sampai anak-anak SD rata-rata telah mengenal dan menjadi member jaringan ini. Jaringan facebook sangatlah luas berkembang sampai kesudut-sudut penjuru dunia. segala kemungkinan yang menyangkut hubungan relation antar sesama manusia bisa terjadi di jaringan ini mulai dari hubungan kerja,pemanfaatan sebagai sarana penjualan sampai hal-hal yang burukpun dapat terjadi.

Sebenarnya facebook dirancang untuk dapat memaksimalkan jaringan pertemanan kita tentunya tujuan atau arah yang dicapai adalah golongan remaja ke atas bukan golongan anak-anak. Baru-baru ini kita kerap mendengar kabar bahwa adanya penipuan,penculikan yang awalnya pertemanan terjadi di facebook, Yang parah lagi terjadinya penjualan manusia atau praktek prostitusi yang terjadi di facebook.

Tapi apakah benar bahwa Facebook hanya berdampak negatif aja? sekarang kita lihat dari sudut pandang positif. Menurut aku sendiri, gue merasa sangat banyak nilai positif yang gue dapat pada facebook. salah satu contohnya adalah gue dapat bertemu teman SD bahkan teman TK gue yang sudah beberapa tahun berpisah atau bertemu dengan sahabat SD,SMP gue yang hampir tidak mungkin terjadi melalui sarana lain di Internet.

Dulu gue mengatakan bahwa facebook Bombastis!! contoh lain adalah pertemuan yang sangat mengharukan antara seorang bapak dan anak di Inggris yang telah terpisah selama 35 tahun. atau beberapa teman gue yang memang mendapat Jodohnya melalui facebook. atau dampak positif yang lain Dengan Facebook kita bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus. Sebagai contohnya ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita.

Jadi Dampak negatif atau positif adalah tergantung pengguna facebook itu sendiri,Kewaspadaan boleh saja diterapkan dan bagi saya kewaspadaan adalah unsur mutlak pengguna internet Untuk menghindari hal-hal yang merugikan ini ada tipsnya :

1.       Gunakan facebook dengan jangka waktu tertentu, jadi tidak setiap hari kita menggunakan facebook, gunakanlah pada saat-saat santai untuk mengusir kebosanan atau kepenatan pada saat-saat santai seperti hari minggu atau hari-hari libur
2.       Selektiflah dalam mencari teman dalam facebook
3.       Jangan sembarangan melihat atau meng ADD teman di facebook, terlebih dahulu lihat profilnya atau setidaknya orang tersebut pernah anda kenal atau teman anda sudah mengenalnya dengan baik.
4.       Hanya Meng ADD orang-orang atau relasi yang kita sudah kenal
5.       untuk mengefisiensikan atau memaksimalkan dampak positif dan jalinan pertemanan pilihlah teman yang benar-benar anda kenal,tau alamat orang tersebut dan latar belakang orang tersebut.
6.       Hati-hati terhadap ajakan atau himbauan untuk mengikuti grup-grup atau aplikasi iseng atau yang kurang jelas tujuan.
7.       Berhati-hatilah apabila teman yang belum anda kenal mengajak untuk copy darat atau janjian ketemu. Usahakan keluarga atau teman anda mendampingi anda, Pilihlah lokasi yang benar-benar anda tau dan hafal.
8.       Berilah bimbingan dan pengawasan penggunaan facebook pada anak anda
9.       Jangan mudah percaya kepada foto, alamat atau identitas orang asing yang masuk ke alamat anda karena dari data survey yang dilakukan hampir sekitar 70% pengguna facebook mencantumkan data fiktif mengenai profil mereka
10.   Yang paling penting Tingkatkan IMTAQ anda karena hanya inilah yang bisa menolong anda apabila anda dalam bahaya dikemudian hari

0 komentar:

Posting Komentar